Menurut Survey, Indeks Kepuasan Masyarakat Kubu Raya Terhadap Pelayanan Publik Meningkat

Selasa, 09 Maret 2021 | Kubu Raya

KUBU RAYA - Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Rita Hastarita menyampaikan bahwa, berdasarkan hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kubu Raya dinilai terus meningkat.

Bahkan, disebutkan Rita bahwa hasil dari survey kepuasan tersebut, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya termasuk yang paling bagus di Kabupaten/Kota. Dengan menduduki nomor dua setelah Kota Pontianak.

"Hasil survey kepuasan masyarakat sendiri, seluruh perangkat daerah termasuk UPT didalamnya. Itu nilainya rata-rata sudah kami rekap itu 84," ungkap Rita Hastarita.

"Jadi nilainya termasuk yang paling bagus di Kabupaten/Kota. Dia nomor dua setelah Kota Pontianak," sambungnya.

Ia mengatakan, dari sembilan indikator yang harus dipenuhi dalam menyelenggarakan pelayanan publik, terdapat beberapa poin yang harus ditingkatkan oleh SKPD.

Terlebih pada pelayanan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Namun, dari keseluruhan itu setiap tahunnya terus terjadi peningkatan kualitas, baik dari pelayanan publik, peningkatan hasil survey kepuasan masyarakat, serta inovasi yang terus diciptakan.

"Jadi kalau berdasarkan kemenpan nya itu evaluasi bisa dilakukan sebanyak empat kali dalam setahun. Khusus untuk unit kerja yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat yang respondennya banyak, seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Pelayanan Perizinan," terangnya.

"Karena kita ingin lihat ini kualitas pelayanannya semakin hari semakin naik tidak. Kita ingin evaluasi. Sedangkan untuk perangkat daerah yang respondennya tidak banyak, itu bisa satu kali setahun, atau satu kali persemester," lanjutnya. (*)

Sumber Berita klik disini